Rabu, 20 Oktober 2010

PCA 10-01_BIOS

1. Jelaskan alur komunikasi pada motherboard + gambar
                gambar south bridge dan north bridge

           
North bridge  digunakan untuk mengatur memori dan prosessor
South bridge digunakan untuk mengatur I/O device

2.      Apa pengertian BIOS dan fungsinya
Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System, BIOS menyediakan komunikasi interface tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard).
Fungsi utama BIOS adalah untuk mengenali semua hardware yang dipasang pada sebuah PC BIOS berfungsi Untuk :
1.      Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang     disebut dengan Power On Self Test, POST)
2.       Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.      Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4.      Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
5.      Untuk memulai computer/ menseting

3.   Sebutkan tipe-tipe BIOS dan vendornya (analisa perbedaannya)?
·         GUI
·         Non GUI
GUI adalah suatu teknik pemrograman yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, seperti button, dialog box, menu, dsb.
Dengan GUI seseorang akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi maupun membuat aplikasi. Hal tersebut dikarenakan pengguna secara langsung berinteraksi dengan aplikasi GUI tersebut. Aplikasi yang berbasiskan GUI menggunakan form-form sebagai media interaksi dengan pengguna. Berbeda dengan aplikasi non GUI yang menggunakan text sebagai media interaksinya.

BIOS tergolong kedalam suatu chip dan diisi dengan cara elecktromagnetic (pencahayaan). Pada umumnya BIOS disimpan dalam chip EPROM (Erasable Programmable ROM) atau EEPROM (Electrical Erasable Programmable ROM).
Di pasaran ada banyak sekali perusahaan komputer yang mengeluarkan produk BIOS, antara lain: AWARD BIOS, PHOENIX BIOS, AMIBIOS, compaq, IBM Aptivas dan Thinkpads, dll.
Sumber: http://www.edukita.co.cc/2010/04/road-to-java-gui.html
              Google, gambar south bridge
             





Tidak ada komentar:

Posting Komentar